03 Oktober 2008

"Emotional roller coaster"




Pernah naik (ato ngeliat orang lain naik) roller coaster kan?
Seru .. tapi pasti deg-degan banget...

Nah, kebayang kan, gimana klo yang kaya roller coaster itu emosi qta.. Deg-degan.. ngerasa gk berdaya coz gk bs minta berhenti walaupun jantung udah terasa hampir copot saking takutnya..

Itu yang terjadi pada pasien Gangguan Afektif Bipolar-yang dulu disebut psikosa manik-depresif. Suatu saat mereka di puncak roller coaster itu : mania ("pokoknya rasanya semua indah banget.. saya gk ngerasa capek sama sekali..pengen nyanyi-nyanyi..pengen pacaran terus..pengen belanja-belanja..pengen ngasih duit ke semua orang..gak punya rasa takut..semangat banget.."), trus pada saat lain mereka nge-drop ke depresi ("sedih banget..ngerasa bersalah n gak berguna..males makan..gak ada gairah..susah konsentrasi..gampang capek..madesu..pengen mati aja.."). Klo lagi 'normal', mereka suka malu klo ingat kelakuannya pada saat mania. Bukan cuma pasiennya, keluarganyapun ikut malu. Kebayang kan gimana gak enaknya.. padahal mood swing ini gak bisa diramalkan kapan kambuhnya n kalo lagi kambuh suka gak dikenali karena dikira cuma variasi normal dari mood aja.
Buat yang gk pernah ngalamin emotional roller coaster ini, jangan pernah lupa untuk bersyukur. Buat yang kebetulan pernah ngalamin, jangan pernah lupa juga untuk bersyukur, coz se-enggak-enggaknya sekarang kalian tau bahwa gangguan ini ada namanya, n kalian bukan satu-satunya orang yang pernah ngalami. Dun wori, sekarang ini udah cukup banyak obat buat gangguan ini...

Tidak ada komentar: