03 Oktober 2008

Lebaran 1429H: a big surprise from my drug-rehab patient!


Lebaran kali ini gw dapet hadiah yang gede banget..
Ceritanya, sejak 2 bulan yang lalu gw pegang Ruang Rehab NAPZA di RSJ. Seminggu sebelum lebaran-seperti biasa-pasien-pasien pada gelisah, minta pulang dengan segala cara (I meant it, bener-bener ‘dengan segala cara’..). Salah satu pasien gw, sebut aja namanya Roy, ngajakin dua orang temannya untuk melarikan diri dengan sukses, tapi keburu ketauan perawat pas lagi di angkot, belum jauh dari RSJ. Sejarahnya, si Roy ini udah bolak-balik dirawat, n selalu keluar dengan cara melarikan diri, ato pulang paksa pake acara ngancam nyokapnya segala, sampai setiap kali dia masuk lagi semua udah skeptis gitu. Kali inipun dia keukeuh, “Pokoknya gw mo lebaran di rumah, gak peduli gimana caranya!”.
Pokoknya rute perjalanan hidupnya cuma sekitar penjara dan RSJ deh.. Tapi gw tetep yakin bahwa akan ada yang bikin dia ‘mentok’…bukan dengan kekerasan, tapi dengan “sentuhan tepat di hatinya” (hehe..kaya lagunya Ari Lasso bangeeet..). It is just a matter of time-lah..
Sehari setelah pelariannya yang gagal itu, pas visite, gw ajak dia ngomong pelan-pelan. Seperti biasa dia ogah-ogahan, tapi gw surprised banget, pas gw ajak dia bayangin apa yang udah terjadi pada orang-orang yang dia sayangi akibat perbuatannya, eh..dia mau.. bener-bener ajaib..
Sehari setelah lebaran, gw masih libur, tapi gw pengen banget tau apakah si Roy masih bertahan di situ ato udah keluar.. Dari rumah gw telepon perawat jaga..and..Voila!.. Roy masih di situ! Dia bilang “Toh aku sudah bertahan dua bulan di sini, masa sebulan lagi aja gk bisa..”. Perawat gw terheran-heran dengernya.. See, pecandu juga manusia (‘Seurieus’ neeehh…), ada saatnya mereka mentok, gak mungkin selamanya menulikan diri dari suara hatinya..
Buat Roy..posting-an ini gw dedikasikan buat lo.. Lo salah satu alasan gw buat bersyukur hari ini. Thanks buat ‘lebaran surprise’-nya.. Go Roy.. you are on the right track now!

Tidak ada komentar: