03 Oktober 2008

“Hemat BBM ala Pasien RSJ”


Klo gw bilang bahwa gw kerja di RSJ, respon temen bicara gw selalu “Ngapain lo kerja di situ? Emang gak takut?” dengan tampang heran, ato “Hahaha..awas ketularan loh!” dengan tampang ‘emang-gak-ada-tempat-lain-yang-lebih-normal-buat-kerja?’.
Gw sih maklum aja, coz gk semua orang tau, pasien kaya apa aja yang ditangani di RSJ. Sebagian besar orang mikir bahwa yang dirawat di situ pasti orang gila yang tingkahnya aneh-aneh, telanjang-telanjang, ato berambut ‘rasta’ (hehe..mudah-mudahan Bob Marley gak baca blog gw.. ) sambil ketawa-ketiwi sendiri. Mereka pasti gk bisa bayangin bahwa di RSJ gw sering terkaget-kaget liat wisdom-nya pasien, yang bahkan di kalangan orang yang ngaku waras-pun gak selalu ada. Ni salah satu contohnya..
Sekarang kan pemerintah lagi ngeributin strategi penghematan BBM. Kantor-kantor dihimbau buat matiin lampu n AC klo gk perlu. Tapi sekitar 12 tahun yang lalu, waktu tahun pertama gw kerja di RSJ, pasien di poliklinik yang lagi gw tanya-tanyain tentang pekerjaannya tiba-tiba nanya “Dok, emang Dokter gk ikut bayar listriknya RSJ ini ya?”. Gw pikir “Wah..kayanya obatnya perlu ditambah dosis nih, orang lagi ngomongin pekerjaan kok ujug-ujug nanyain pembayaran listrik”, trus gw jawab “Enggak Pak.. memangnya kenapa?”. Dia manggut-manggut sambil ngomong “Pantesan, jam segini kok lampunya masih nyala, padahal kan terang benderang di luar”. Wah..bener-bener one step ahead ya..bayangin..12 tahun yang lalu tuh..jauuuuh banget sebelum pemerintah ribut tentang penghematan BBM!
Mudah-mudahan kisah ini bisa bikin kita lebih mensyukuri kejernihan pikiran yang dianugerahkan-Nya buat kita tanpa menjadi sombong n gampang men-stigma pasien RSJ.. Amien..

Tidak ada komentar: